KUPAS PROBLEMA UMKM

Pemasaran, permodalan, konsistensi dan inovasi menjadi permasalahan  yang mengemuka dalam FGD Tindaklanjut Konsiyering P2M Jurusan Informatika UII Yogyakarta pada hari Selasa 20 Juli 2022 di Pendopo Kapanewon Galur. FGD ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan “Diskusi dan Inisiasi Mitra Pengabdian Jurusan Informatika UII” yang dilaksanakan pada bulan Juni 2022 yang lalu di Kampus UII Yogyakarta.

“Kerjasama antara FTI UII dengan Kapanewon Galur harus kontinyu, yang bertujuan agar UMKM di Galur bisa berkembang secara pemasaran dan produk-produknya. Kerjasama ini tidak menutup kemungkinan kerjasama di bidang lain” kata Panewu Galur  Drs. Sunarya, MM dalam pembukaan dan sambutan kegiatan FGD. Sementara itu dalam kesempatan yang sama Hendrik, S.T., M.Eng. Ketua Jurusan Informatika FTI UII Yogyakarta menyampaikan bahwa UII mengapresiasi peran aktif dari Kapanewon Galur untuk tindaklanjut kerjasama.

Peserta FGD yang terdiri Lurah dan UMKM perwakilan kalurahan se Kapanewon Galur diberikan kesempatan untuk menyampaikan masing-masing permasalahan yang dihadapi. Secara umum permasalahan utama yang dihadapi adalah pemasaran beserta turunannya dan permodalan. Dari permasalahan yang ada, dari pihak UII Yogyakarta akan melakukan langkah-langkah tahapan berupa analisis, observasi dan segmentasi. Dengan demikian ada langkah yang tepat dalam memberikan “problem solving” dari permasalahan yang dihadapi UMKM di wilayah Kapanewon Galur.