POSYANDU “TERATAI” KRANGGAN, GALUR DIVERIFIKASI TIM LOMBA POSYANDU KABUPATEN KULON PROGO

Galur, 4 Juli 2022

Kerja Kader Posyandu “TERATAI” Kranggan, Galur, Kulon Progo dengan bimbingan Dukuh Elis Rahayu, A.Md yang selama ini dengan semangatnya bekerja tanpa pamrih membuahkan hasil yang diinginkan, dalam rangka pelaksanaan Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022, Posyandu “TERATAI” memperoleh Juara III Tingkat Kabupaten Kulon Progo, sehingga berkesempatan menerima Tim Ferivikasi Posyandu Tingkat Kabupaten Kulon Progo untuk melihat secara langsung kegiatan Posyandu di lokasi Posyandu ”TERATAI” Kranggan, Galur.

Wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing oleh petugas terkait atau lebih dikenal gaungnya oleh masyarakat dengan istilah Posyandu bertujuan untuk :

  • Menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu hamil, melahirkan dan nifas.
  • Membudayakan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.
  • Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB dan kegiatan lain demi tercapainya masyarakat sehat sejahtera.
  • Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga.

Kegiatan di Posyandu “TERATAI’ Kranggan, Galur meliputi  kegiatan pokok yakni KIA, KB, Imunisasi, Gizi dan Penanggulangan Diare.

Dan Posyandu pelaksanaannya dilakukan dengan pelayanan 5 meja yakni :

  1. Meja I untuk Pendaftaran
  2. Meja II Penimbangan
  3. Meja III Pengisian KMS
  4. Meja IV Penyuluhan perorangan berdasarkan KMS
  5. Meja V Pelayanan Kesehatan berupa Imunisasi, pemberian Vitamin A dosis tinggi, pembangian PIL KB dan Kondom, Pengobatan ringan dan Konsultasi KB.

Dengan diraihnya sebagai Juara III Lomba Posyandu  Tingkat Kabupaten Kulon Progo, semoga menjadi motivasi kerja Kader Posyandu “Teratai’ Kranggan, Galur khususnya, dan menginspirasi para Kader Posyandu-Posyandu yang ada di Kapanewon Galur.