BINA KELUARGA REMAJA (BKR) “MENUR” PADUKUHAN NAMPAN, KALURAHAN NOMPOREJO, KAPANEWON GALUR DAN PUSAT

Keluarga sebagai lembaga pertama dan utama kehidupan remaja, mempunyai peranan penting dalam memberikan Pendidikan , curahan kasih sayang , arahan dan pengawasan kepada Remaja agar mereka dapat tumbuh dengan memiliki konsep diri yang positif. Keharmonisan keluarga yang berada di Pedukuhan Nampan, Kalurahan Nomporejo, Kapanewon Galur memiliki kwalitas keluarga yang baik, dan di jadikan sebagai pengembang Bina Keluarga Remaja, dengan menamai kelompoknya dengan nama “MENUR”.

          Hal ini merupakan suatu kegiatan yang sangat strategis dalam mengupayakan terwujudnya sumber daya manusia potensial melalui upaya meningkatkan pengetahuan dalam mengasuh serta membina tumbuh kembang remaja melalui peran kedua orang tua.

          Dengan didukung semangat yang sangat luar biasa dalam melakukan kegiatan serta adanya kerja sama yang baik dari tiap-tiap kader, kemudian didukung serta oleh Petugas Lapangan Keluarga Berencana serta Jawatan Sosial Kapanewon Galur yang mendampingi dan membantu Kader dalam melaksanakan kegiatan Bina Keluarga Remaja, maka Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) “MENUR” Nampan, Nomporejo, Galur yang pada tahun 2021 mendapat Juara III Lomba Tingkat Kabupaten, maka sesuai dengan ketetuan lomba dari Tim Penilai Kabupaten Kulon Progo, maka untuk peraih Juara III diperkenankan mengikuti lomba yang sama Tingkat Kabupaten di tahun 2022 untuk mencari calon maju mewakili Kabupaten Kulon Progo mengikuti Lomba Tingkat Propinsi DIY.

           Harapan Ibu Sri Puji Astuti Selaku Ketua kelompok Bina Keluarga Remaja, karena Bina Keluarga Remaja adalah suatau kelompok /wadah kegiatan yang terdiri dari keluarga yang mempunyai anak remaja usia 10-24 tahun, harapannya  peran orang tua dalam pembinaan anak remaja adalah mengasuh dan membesarkan anak remaja. Dalam mengasuh dan membesarkan anak remaja membutuhkan pengetahuan dan ketrampilan yang berbeda dibanding membesarkan anak balita. Karena tugas orang tua  dalam mengantarkan anak remajanya ke alam dewasa bisa berperan sebagai :

  1. Pendidik.
  2. Panutan.
  3. Pendamping.
  4. Konselor.
  5. Komunikator,
  6. Juga sebagai teman atau sahabat.

Pusat Informasi dan Konseling Remaja atau lebih dikenal dengan sebutan PIK R adalah salah satu wadah kegiatan PKBR (Pusat Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja)  yang dikelola dari, oleh dan untuk Remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang pendewasaan Usia Perkawinan, 8 fungsi keluarga, Seksualitas, HIV dan AIDs serta Napsa, Ketrampilan hidup (life skills).

Diliat dari sejarah lahirnya PIK-R pada tahun 2003, bahwa perlaku seks pada remaja, termasuk pacaran dan kondisi Kesehatan lingkungan tempat tinggal , menunjukkkan bahwa remaja lebih menyukai untuk menceriterakan permasalahannya kepada teman sebaya, bukan kepada orang tuanya , bukan kepada Guru Bimbingan Konseling (BK).

Dari  sinilah asal muasal lahir ide dari BKKBN untuk mempelopori berdirinya sebuah kelompok atau organisasi “curhat” yang berbasis dari, oleh dan untuk remaja.

Pada Tahun 2021 SMA N I Galur yang beralamat di Tirtorahayu, Galur yang diberi nama “EDELWISE” dengan Ketua Kelompok Rakha Fauzan,

mengikuti Lomba PIK R mendapatkan  Juara III Lomba Tingkat Kabupaten, maka sesuai dengan ketetuan lomba dari Tim Penilai Kabupaten Kulon Progo, maka untuk peraih Juara III diperkenankan mengikuti lomba yang sama Tingkat Kabupaten di tahun 2022 untuk mencari calon yang maju mewakili Kabupaten Kulon Progo mengikuti Lomba Tingkat Propinsi DIY.

PIK R SMA N I Galur diharapkan mampu merespon permasalahan yang ada di Lingkungan SMA N I Galur, sehingga wadah yang ada dapat mewujudkan Tegar Remaja dalam rangka Tegar Keluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.

Adapun ciri-ciri Tegar Remaja adalah :

  • Remaja yang menunda usia pernikahan,
  • Remaja yang berperilaku sehat.
  • Terhindar dari Risiko Seksualitas bebas, Napza, HIV dan AIDS
  • Bercita-cita mewujudkan keluarga kecil Bahagia Sejahtera.
  • Menjadi contoh, model, idola dan sumber informasi bagi teman-temannya.