PENCANANGAN GERBANG SEGORO TINGKAT KAPANEWON GALUR

Gerakan Membangun dengan Semangat Gotong Royong ini merupakan bentuk dukungan “Bela–Beli Kulon Progo” dan dilandasi dengan semangat “bertekad, bersepakat dan berbuat” guna mewujudkan kemandirian pangan dan kemandirian ekonomi di Kulon Progo. Gerakan ini juga sebagai respon adanya perubahan orientasi pembangungan dari Among Tani ke Dagang Layar untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat DIY dan Kulon Progo khususnya.

Gerbang Segoro memiliki makna yang amat dalam dan luas. Secara harafiah Gerbang Segoro artinya pintu masuk lautan ke daratan, sehingga dimaknai dengan mengalirnya arus investasi ke Kulon Progo pada sektor kelautan dan perikanan. Akan tetapi Gerbang  Segoro bisa dimaknai sebagai Gerakan Membangun dengan  Semangat Gotong Royong yang mengandung esensi ajakan kepada seluruh warga masyarakat Kulon Progo untuk melaksanakan pembangunan yang dilandasi dengan semangat gotong royong.

Demikian antara lain sambutan Bupati Kulon Progo yang dibacakan oleh Panewu Galur Drs. Sunarya, MM dalam acara Pencanangan Gerbang Segoro tingkat Kapanewon Galur hari Sabtu tanggal 26 Maret 2022 bertempat di Pokdakan Mina Taruna Kujon Kidul Kranggan. Hadir pula dalam acara pencanangan Kapolsek dan Danramil Galur, Lurah Kranggan dan anggota Pokdakan. Pencanangan Gerbang Segoro tingkat kalurahan dilaksanakan di masing-masing kalurahan oleh Lurah setempat.