LOMBA GEMPAR KAPANEWON GALUR

Sebanyak 7 (tujuh) KWT mengikuti lomba Gempar tingkat Kapanewon Galur, mereka mewakili masing-masing Kalurahan di wilayah Kapanewon Galur.  Lomba Gempar tingkat Kapanewon Galur dilaksanakan selama 2 (dua) hari. Pada hari pertama Kamis, 7 Oktober 2021, mengunjungi dan memverifikasi 4 (empat) KWT yang mewakili 4 kalurahan, yaitu KWT Lestari Makmur Modinan Kalurahan Brosot, KWT Tunas Mekar Sepaten Kalurahan Kranggan, KWT Mekar Sari Bleberan Kalurahan Banaran, dan KWT Kunthi Sorogenen Kalurahan Nomporejo.

Gelombang kedua Hari Jumat tanggal 8 Oktober 2021 Tim Penilai Lomba Gempar melakukan kunjungan dan verifikasi lapangan terhadap 3 (tiga) KWT yaitu KWT Ngudi Mulyo Siliran Kalurahan Karangsewu, KWT Mekar Sari Diren Kalurahan Pandowan, dan KWT Rahayu Makmur Derpoyudan KalurahanTirtorahayu.

 

 

Pelaksanaan Lomba Gempar tahun 2021 merupakan tahun kedua setelah hal yang sama dilaksanakan pada tahun 2020. Gerakan Menanam Pangan di Pekarangan (Gempar) telah   dicanangkan oleh Bupati Kulon Progo pada tanggal 24 Juli 2020. Lomba Gempar bertujuan meningkatkan kesadaran, peran dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), meningkatkan partispiasi kelompok wanita dalam penyediaan sumber pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, dan mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Tim Penilai Lomba Gempar Tingkat Kapanewon Galur diketua oleh Drs. Sunarya, MM  (Panewu Galur) dengan anggota berasal dari Koramil Galur, Polsek Galur, BPP Galur dan Tim Penggerak PKK Kapanewon Galur. Peserta lomba yang menjadi juara I dalam lomba ini akan mewakili Kapanewon Galur dalam Lomba Gempar Tingkat Kabupaten Kulon Progo.