COR PERDANA PROGRAM PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR SOSIAL EKONOMI WILAYAH (PISEW) DI GALUR KULON PROGO

Galur, Jumat 28 Mei 2021 dilaksanakan acara Cor Perdana oleh Bapak Panewu Galur Drs. Sunarya, MM bersama unsur Forkompinka Kapolsek dan Danramil Galur di lokasi kegiatan PISEW bulak Ciker sampai dengan Gelaran KalurahanTirtorahayu dan Kalurahan Karangsewu Galur Kulon Progo Yogyakarta. Turut hadir Lurah Karangsewu dan Tirtorahayu serta masyarakat sekitar. Pelaksanaan kegiatan dipandu oleh FM petugas fasilitator (Isha Herlino, ST) bersama Badan Kerjasama Antar Kalurahan (BKAK) Galur Kulon Progo dengan Ketua Eko Purnomo, ST.

Pengarahan Panewu Galur kepada pekerja PISEW

Panewu Galur berharap semoga Program Pembangunan PISEW  dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR ini dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama para petani. Semula jalan yang dibangun ini berupa jalan tanah yang sempit dan selalu becek apabila musim hujan.  Harapannya setelah pembangunan selesai jalan menjadi bagus dan dapat menjadi akses jalan masyarakat dan para petani yang akan memperlancar usaha tani di sekitar wilayah Galur.

Kondisi jalan sebelum pembangunan

Kegiatan  ini dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat atau warga setempat sebagai pelaku pembangunan, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi. Pelaksanaan Program Padat Karya dilakukan sesuai dengan Protokol COVID-19, seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menghindari kerumunan. Bentuk pemberdayaan dan partisipasi masyarakat atau Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) ini akan memberikan kontribusi dalam pengurangan angka pengangguran dan penyediaan lapangan kerja saat masa pandemi COVID-19 yang terjadi sekarang ini