KELOMPOK WANITA TANI KUNTHI WAKILI KAPANEWON GALUR LOMBA GEMPAR

Setelah Lomba Gerakan Menanam Pangan di Pekarangan (Gempar) Kapanewon Galur yang dilaksanakan pada tanggal 28-29 September 2020, Kelompok Wanita Tani (KWT) Kunthi Sorogenen I Kalurahan Nomporejo memperoleh nilai tertinggi dan mewakili Kapanewon Galur dalam Lomba Gempar Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2020.

Pada hari Selasa 6 Oktober 2020, Tim Penilai Lomba Gempar Tingkat Kabupaten Kulon Progo melakukan verifikasi dan peninjauan lapangan di KWT Kunthi. Tim Penilai dipimpin oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo Ir. Muh Aris Nugroho, MMA disambut oleh Panewu Galur Drs. Sunarya, MM beserta Tim Gempar Kapanewon Galur, Lurah Nomporejo, Dukuh Sorogenen I dan segenap anggota KWT Kunthi. Ir Aris Muh Nugroho, MMA dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa Lomba Gempar merupakan kelanjutan dari pencanangan Gerakan Menanam Pangan di Pekarangan (Gempar) oleh Bupati Kulon Progo pada tanggal 24 Juli 2020 di Kapanewon Samigaluh. Lomba Gempar merupakan media/sarana penyuluhan, sehingga diharapkan lomba bukan merupakan akhir kegiatan tapi Gempar harus selalu dilakukan secara berkelanjutan. Optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan perlu dilakukan sehingga pekarangan menjadi Sehat, Indah, Produktif (SIP).

Bobot/kriteria penilaian lomba gempar terdiri dari gapura hidup 20%, kelembagaan 30%, kegiatan di pekarangan 40%, dan kewirausahaan sebesar 10%. Selain verifikasi administrasi, juga dilakukan peninjauan kondisi di lapangan baik di demplot kelompok maupun yang ada di masing-masing anggota KWT.