TIM PENILAI GEMPAR KAPANEWON GALUR KUNJUNGI KELOMPOK WANITA TANI

Setelah hari pertama Tim Penilai Lomba Gempar Kapanewon Galur mengunjungi empat KWT (Kelompok Wanita Tani), pada hari kedua Selasa 29 September 2020  tim melakukan kunjungan dan penilaian terhadap tiga KWT masing-masing KWT Mekarsari Kalurahan Pandowan, KWT Ngudi Mulyo Kalurahan Karangsewu dan KWT Lestari Rahayu Kalurahan Tirtarahayu.

Bobot/kriteria penilaian lomba gempar terdiri dari gapura hidup 20%, kelembagaan 30%, kegiatan di pekarangan 40%, dan kewirausahaan sebesar 10%. Pada penilaian ini nantinya aka diambil satu KWT yang akan mewakili Kapanewon Galur untuk maju lomba tingkat Kabupaten Kulon Progo yang rencananya kan diselenggrakan pada tanggal 5-12 Oktober 2020.

Dalam sambutannya Panewu Galur Drs.Sunarya, MM sekaligus selaku Ketua Tim Penilai menyampaikan bahwa yang terpenting dari penyelenggaraan lomba ini adalah keberlanjutan kegiatan KWT maupun kemanfaatan dengan keberadaan KWT. Dengan adanya KWT diharapkan memberikan dampak manfaat yang positif bagi keluarga maupun masyarakat. Hasil tanaman selain untuk kebutuhan pangan sehari-hari juga bisa dijual sehingga memberikan tambahan penghasilan bagi keluarga. “Kita diberikan karunia lahan yang subur sehingga bentuk rasa syukur atas nikmat tersebut kita harus memanfaatkan lahan di sekitar kita dengan sebaik-baiknya” kata Sunarya. Terkait penggunaan pestisida ataupun bahan kimia dalam usaha pertanian agar digunakan secara bijak sehingga tidak berdampak buruk untuk jangka panjang.