PENILAIAN LOMBA GEMPAR KAPANEWON GALUR

Dalam rangka menggerakkan masyarakat agar membudayakan menanam tanaman di pekarangan telah dicanangkan Gerakan Menanam Pangan di Pekarangan (Gempar) oleh Bupati Kulon Progo pada tanggal 24 Juli 2020. Sebagai tindak lanjut kegiatan tersebut dilakukan lomba Gempar dari tingkat kalurahan, kapanewon dan kabupaten.

KWT Kunthi Nomporejo

Lomba Gempar bertujuan meningkatkan kesadaran, peran dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola lonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), meningkatkan partispiasi kelompok wanita dalam penyediaan sumber pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, dan mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan setelah dilakukan seleksi tingkat kalurahan pada tanggal 21-25 September 2020, Kapanewon Galur melakukan penilaian lomba Gempar tingkat kapanewon pada tanggal 28-29 September 2020. Tim Penilai Lomba Gempar Tingkat Kapanewon Galur diketuai oleh Panewu dengan anggota terdiri dari Danramil, Kapolsek, Ketua TP PKK Kapanewon dan Koordinator BPP.

Lomba Gempar tingkat Kapanewon Galur pada hari pertama hari Senin 28 September 2020, mengunjungi dan memverifikasi empat KWT yang mewakili 4 kalurahan, yaitu KWT Mekarsari Kalurahan Banaran, KWT Kunthi Kalurahan Nomporejo, KWT Mekar Rahayu Kalurahan Kranggan, dan KWT Lestari Makmur Kalurahan Brosot. Dalam sambutannya Panewu Galur selaku Ketua Tim Penilai Drs. Sunarya, MM menyampaikan bahwa juara yang sebenarnya bukan sekedar kertas tapi mereka yang bisa memberikan manfaat kepada anggotanya. Untuk kas yang ada di KWT, Panewu Galur berpesan agar dimanfaatkan semaksimal mungkin berputar untuk kepentingan usaha kelompok sehingga tidak mengendap di kas bendahara.