PELAKSANAAN PISEW TAHUN 2020 KAPANEWON GALUR TEREALISASI 100%

Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (kabupaten, kecamatan dan desa) serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat desa.

Pada umumnya infrastruktur yang dibangun melalui dana PISEW adalah jalan produksi yang bertujuan memudahkan petani untuk mengangkut hasil pertanian, perkebunan dan perikanan.

Dengan demikian, melalui PISEW masyarakat di pedesaan diharapkan dapat berdaya dan mampu mengelola sumber daya lokal yang ada guna meningkatkan ekonomi rumah tangga.

Untuk Kapanewon Galur, PISEW Tahun 2020 berupa perkerasan jalan beton sepanjang 1.625 meter yang tersebar di tiga kalurahan yaitu Kalurahan Banaran, Kranggan dan Nomporejo dengan rentang waktu pengerjaan selama 3 bulan dari tanggal 22 Juni 2020 sampai 19 September 2020. Sehubungan tersebut pada hari Rabu tanggal 16 September 2020 Panewu Galur Drs. Sunarya, MM bersama Fasilitator PISEW DIY melakukan monitorng pelaksanaan PISEW Tahun 2020. Dari monitoring tersebut, didapatkan hasil bahwa pelaksanaan PISEW di Kapanewon Galur telah terealisasi 100% dengan perincian:

  1. Jalan perkerasan beton Banaran sepanjang 510 meter
  2. Jalan perkerasan beton Kranggan sepanjang 270 meter
  3. Jalan perkerasan beton Nomporejo sepanjang 845 meter