LKjIP Kecamatan Galur Tahun 2019

AKUNTABILITAS KINERJA

 

  1. Capaian Kinerja Tahun 2019

Kecamatan Galur telah melaksanakan penilaian kinerja dengan mengacu pada Penetapan Kinerja Kecamatan Galur Tahun 2019 yang telah disepakati. Penilaian ini dilakukan untuk evaluasi dan pengukuran capaian kinerja dalam rangka pengumpulan data kinerja yang hasilnya memberikan gambaran keberhasilan dan kegagalan dalam pencapaian tujuan dan sasaran. Dari hasil pengumpulan data selanjutnya dilakukan kategorisasi kinerja (penentuan posisi) sesuai dengan tingkat capaian kinerja yaitu : 

Tabel 3.A.1. Skala Nilai Peringkat Kinerja

No.

Interval Nilai Realisasi Kinerja

Kriteria Penilaian Realisasi Kinerja

Kode

1

91 ≤ 100

Sangat Tinggi

 

2

76 ≤ 90

Tinggi

 

3

66 ≤ 75

Sedang

 

4

51 ≤ 65

Rendah

 

5

≤ 50

Sangat rendah

 

Pengukuran target kinerja dari sasaran strategis yang telah ditetapkan oleh Kecamatan Galur dilakukan dengan membandingkan antara target kinerja dengan realisasi kinerja. Indikator kinerja sebagai tolok ukur keberhasilan dari tujuan dan sasaran strategis Kecamatan Galur beserta target dan capaian realisasinya dirinci seperti dijelaskan pada tabel berikut :

Tabel 3.A.2. Capaian Kinerja Tahun 2019

No

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

Satuan

Target

Realisasi

Persentase

Kriteria

/Kode

1

 

Meningkatnya     Fasilitasi   Penyelenggaraan

Pemerintahan

Kecamatan

Capaian Peningkatan Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan

%

79,74

79,74

100 %

 

2

Meningkatnya Kualitas Pelayanan Kecamatan

Indeks Kepuasan Masyarakat

Indeks

78,26

80,728

103,15 %

 

 

Penghitungan Capaian Kinerja untuk 2 sasaran adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatnya Fasilitasi penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan =

Sasaran ini diukur dengan formulasi perhitungan sebagai berikut :

 Capaian peningkatan penyelenggaraan Pemerintahan

=     (Jumlah Sebagian Urusan Bupati yang dapat dilaksanakan Kecamatan/Jumlah Sebagian Urusan yang dilimpahkan Bupati Kepada Camatx100%)+(Jumlah Fasilitasi kegiatan yang dilaksanakan /Jumlah fasilitasi kegiatan yang seharusnya dilaksanakan)x100%+((Jumlah dokumen yang disampaikan tepat waktu/jumlah dokumen (Profil, Rencana Pembangunan Tahunan Kecamatan)x100)/3

=      (27/27)x100+(162/234)x100+(2/2)x100

                             3

=      79,74 %

  1. Meningkatnya kualitas pelayanan kecamatan

Sasaran ini diukur dengan Indeks Kepuasan Masyarakat :

= Hasil Survey dari bagian Organisasi

 = 80,728 %

 

Capaian Tahun 2019 ini jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya mengalami peningkatan hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Tujuan perbandingan ini adalah untuk melihat progress capaian per tahun dan juga untuk mengetahui capaian kinerja sampai saat ini terhadap target kinerja pada akhir Renstra seperti pada tabel berikut ini :

Tabel 3.3

Capaian Kinerja Tahun 2019 dengan Tahun sebelumnya

No

Sasaran

Indikator Kinerja

Satuan

Capaian Tahun

Tahun 2019

2017

2018

Target

Realisasi

%

1.

Meningkatnya     Fasilitasi   Penyelenggaraan

Pemerintahan Kecamatan

Capaian Peningkatan Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan

%

88,32

89,74

79,74

79,74

100

2

Meningkatnya Kualitas Pelayanan Kecamatan

Indeks Kepuasan Masyarakat

Indeks

76,27

77,26

78,26

80,728

103,15

Capaian indikator kinerja sasaran strategis meningkatnya fasilitasi penyelenggaraan pemerintahan kecamatan pada Tahun 2019 sebesar 100 % dengan klasifikasi sangat baik. Dan capaian Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2019 sebesar 103,15 % dengan klasifikasi baik.

Capaian kinerja Peningkatan Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan tahun 2019 jika dibandingkan dengan tahun 2017 tercapai 90,29 %, jika dibandingkan dengan tahun 2018 tercapai 88,86 %.

Capaian kinerja Indeks Kepuasan Masyarakat sampai dengan Tahun 2019 jika dibandingkan dengan tahun 2017 tercapai 105,84 %, jika dibandingkan dengan dengan tahun 2018 tercapai 104,49 %.

Untuk capaian indikator kinerja sampai tahun 2019 dengan Renstra dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Tabel 3.4

Capaian Kinerja Tahun 2019 dengan RENSTRA

Sasaran

 

Indikator Kinerja

Satuan

 

Target renstra 2019

 

Realisasi

 

Target Akhir 2022

Persentase Capaian  2019 terhadap Target Akhir 2022

Meningkatnya     Fasilitasi   Penyelenggaraan

Pemerintahan Kecamatan

Capaian Peningkatan Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan

%

79,74

79,74

91,60

 

87,05

Meningkatnya Kualitas Pelayanan Kecamatan

Indeks Kepuasan Masyarakat

Indeks

78,26

80,728

81,26

99,34

 

Capaian kinerja Peningkatan Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan sampai dengan tahun 2019 berhasil dilaksanakan dengan angka 79,74 %  atau 100 % dari target yang telah ditentukan yaitu 79,74.

Capaian kinerja Indeks Kepuasan Masyarakat sampai dengan tahun 2019 berhasil dilaksanakan dengan angka 80,728 %  atau 103,15 % diatas target yang telah ditentukan yaitu 78,26.

 

  1. Evaluasi dan Analisis Capaian Kinerja

Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Kecamatan Galur diukur dengan menggunakan berbagai sumber yang terdiri dari Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Penyelenggaraan urusan yang dilimpahkan ke Kecamatan, dan Pelaksanaan Fasilitasi kegiatan masyarakat serta Kepatuhan terhadap ketepatan penyampaian dokumen.

 

  1. Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

Berdasarkan hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Tahun 2019 yang dilakukan oleh surveyor eksternal yang dikoordinir Bagian Organisasi Setda. Kabupaten Kulon Progo, dapat disimpulkan bahwa secara umum pelayanan kepada masyarakat yang diberikan oleh instansi pemerintah telah  dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil survei IKM Tahun 2019 Kecamatan  Galur berpredikat BAIK dengan nilai 80,728. Adapun Unsur-unsur Pelayanan yang dinilai dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Tabel 3.5

Unsur-unsur Pelayanan

 

No.

Unsur Pelayanan

Nilai

U1

Persyaratan Pelayanan

3.116

U2

Kemudahan Prosedur

3.158

U3

Jangka Waktu Penyelesaian

3.053

U4

Kewajaran Biaya

3.884

U5

Kesesuaian Hasil Pelayanan

3.179

U6

Kompetensi / Kemampuan Petugas

3.147

U7

Sikap Petugas

3.337

U8.

Kelengkapan Sarana Aduan

2.979

U9

Kualitas / Kondisi Sarana

3.053

U10

Maklumat Pelayanan

3

U11

Kejelasan Petugas

4

U12

Penunjuk Arah

3

Sumber : Bagian Organisasi setda. Kab. Kulon Progo

 

Berdasarkan hasil SKM, terdapat indikator yang belum optimal yaitu Jangka Waktu Penyelesaian dengan nilai 3.053, Kelengkapan Sarana Aduan dengan nilai 2,979 dan Kualitas/Kondisi Sarana dengan nilai 3.053, Hal ini disebabkan karena kehabisan blangko E KTP dari tingkat pusat dan terjadi gangguan system server databse sehingga membuat kesan lama dalam proses, Sarana aduan sudah tersedia akan tetapi jarang masyarakat memberikan masukan, masih minimnya kualitas dan jumlah dari sarana dan prasarana pelayanan. Untuk mengatasi hal tersebut telah dilakukan penambahan fasilitas pelayanan. Telah disediakan mesin antrian dan dispenser untuk fasilitas masyarakat.

  1. Penyelenggaraan Urusan yang dilimpahkan ke Kecamatan Galur

Pada Tahun 2019 Kecamatan Galur telah dapat melaksanakan urusan wajib dan urusan pilihan sejumlah 27 urusan atau sebesar 100 % dari 27 urusan yang dilimpahkan ke Kecamatan. Keberhasilan capaian ini disebabkan oleh pembagian tugas yang jelas, SDM yang cukup kompeten, serta kerjasama yang solid dari semua pegawai di Kecamatan Galur.

Capaian ini didukung dengan data jumlah urusan yang dilaksanakan kecamatan sejumlah 27 urusan dan semuanya telah dilaksanakan meliputi urusan:

  1. Pendidikan
  2. Kesehatan
  3. Lingkungan Hidup
  4. Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
  5. Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman
  6. Kepemudaan dan Olahraga
  7. Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
  8. Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil
  9. Tenaga Kerja
  10. Pangan
  11. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  12. Keluarga Berencana dan Pengendalian Penduduk
  13. Perhubungan
  14. Komunikasi dan Informatika
  15. Pertanahan
  16. Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
  17. Sosial
  18. Kebudayaan
  19. Statistik
  20. Kearsipan
  21. Perpustakaan
  22. Kelautan dan Perikanan
  23. Pertanian
  24. Pariwisata
  25. Industri
  26. Perdagangan
  27. Ketransmigrasian

 

Capaian indikator kinerja output  rata-rata 95,92% dari target yang ditentukan, dengan realisasi dana sebesar Rp 2.138.159.511,00 dari anggaran sebesar Rp. 2.229.022.464,40. Pelaksanaan urusan ini tercapai 100 % sedangkan realisasi anggaran 95,36 % dengan efisiensi anggaran Rp. 90.862.953,00.

  1. Fasilitasi Kegiatan Kemasyarakatan

Fasilitasi yang dapat dilaksanakan Kecamatan Galur mengacu pada Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 75 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Fungsi, dan Tugas, Serta Tata Kerja Pada Kecamatan dan pelaksanaan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomr 43 Tahun 2017  tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan dari Bupati Kepada Camat. Dalam Peraturan Bupati tersebut, kegiatan fasilitasi masyarakat yang ada sejumlah 234 kegiatan. Pada Tahun 2019 dengan target sejumlah 162 fasilitasi Kecamatan Galur telah dapat melaksanakan sejumlah 162 fasilitasi. Capaian fasilitasi tersebut di laksanakan oleh lima seksi yang ada  di Kecamatan Galur sesuai dengan target kinerja yang telah disusun.

Download : LKjIP Kecamatan Galur Tahun 2019