Tugas Pokok dan Fungsi Kapanewon Galur

Tugas, Fungsi, dan Struktur Organisasi Perangkat Daerah

Keberadaan Kecamatan Galur didasari oleh Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 14 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kulon Progo. Di dalam melaksanakan tugasnya, Kecamatan Galur diatur oleh Peraturan Bupati Kulon Progo nomor 75 tahun 2016 tentang Kedudukan Susunan Organisasi, Fungsi dan Tugas Serta Tata Kerja pada Kecamatan Kabupaten Kulon Progo.

  1. Tugas

Sesuai dengan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 75 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Fungsi, dan Tugas, serta Tata Kerja Pada Kecamatan adalah sebagai berikut:

  • Sekretariat Kecamatan
  1. Sekretariat Kecamatan mempunyai fungsi pelaksanaan urusan umum, kepegawaian, perencanaan dan keuangan.
  2. Sub Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan kegiatan kerumahtanggaan, perlengkapan, ketatausahaan, kehumasan, penyusunan program kerja dan laporan serta administrasi serta administrasi kepegawaian.
  3. Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan program, evaluasi dan laporan serta koordinasi administrasi keuangan

2).   Seksi Pemerintahan

Seksi Pemerintahan mempunyai tugas melaksanakan rekomendasi, koordinasi, pembinaan, pengawasan, fasilitasi, penyelenggaraan pemerintahan umum, pemerintahan desa, administrasi kependudukan, pertanahan, dan melaksanakan kegiatan di bidang pemerintahan lainnya.

3).   Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas melaksanakan rekomendasi, koordinasi, pembinaan, pangawasan, fasilitasi, penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

4).  Seksi Perekonomian dan Pembangunan

Seksi Perekonomian dan Pembangunan mempunyai tugas melaksanakan perijinan, rekomendasi, koordinasi, pembinaan, pengawasan, fasilitasi, penyelenggaraan pembangunan, sarana dan prasarana fisik, pertanian dan kelautan, perekonomian, dan lingkungan hidup.

5).   Seksi Kesejahteraan Rakyat

Seksi Kesejahteraan rakyat mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, pembinaan, pengawasan, fasilitasi kesejahteraan, ketenagakerjaan, transmigrasi, sosial, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, fasilitasi kegiatan keagamaan, pendidikan, kebudayaan kepariwisataan, kepemudaan dan olah raga.

6).  Seksi Pelayanan

Seksi Pelayanan mempunyai tugas melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat.

 

  1. Fungsi

Berdasarkan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 75 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Fungsi, dan Tugas, serta Tata Kerja Pada Kecamatan, Camat mempunyai fungsi pelaksanaan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian Urusan Pemerintahan Daerah. Selain menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud, Camat juga menyelenggarakan fungsi   umum pemerintahan meliputi :

  1. Koordinasi kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  2. Koordinasi upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  3. Koordinasi penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
  4. Koordinasi pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  5. Koordinasi penyelenggaraan kegiatan Pemerintahan di tingkat Kecamatan;
  6. Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan/atau Kelurahan;
  7. Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan Pemerintahan Desa atau Kelurahan.